• Kontak Kami
  • Hotline : 085225959595
  • SMS : 085225959595
  • BBM : D60FDB25

Kontak Kami

( pcs) Checkout

INFO 1 : Untuk Pemesanan Produk NASA Bisa Menghubungi Admin Kami Wa : 0813-3034-1440, atau 0857-5692-2292 INFO 2 : Admin Aktif Pada Hari Senin - Sabtu Pk 09:00 - 17:00 Order setelah jam 14:00 akan diproses pada keesok harinya
Beranda » Artikel Terbaru » Budidaya Ikan Bawal dengan Produk NASA

Budidaya Ikan Bawal dengan Produk NASA

Diposting pada 13 August 2019 oleh hartinigrosirnasa

Ikan Bawal merupakan salah satu ikan yang sangat digemari oleh masyarakan Indonesia. Karena rasa dagingnya yang enak. tebal dengan sedikit duri. Ikan bawal memiliki dua  jenis yaitu bawal air tawar dan ikan bawal laut. Kedua jenis ikan bawal tersebut memiliki kemiripan yang hampir sama. Menurut sebagian besar masyarakat, kedua jenis ikan bawal tersebut sama padahal memiliki jenis yang berbeda.

 

Budidaya ikan bawal merupakan salah satu peluang usaha dengan masa depan yang bagus karena ikan bawal mempunyai pangsa pasar yang luas. Saat ini bisnis ikan bawal menjadi sangat menjanjikan karena permintaan ikan bawal setiap tahunnya mengalami peningkatan. Dibutuhkan teknik budidaya ikan bawal yang tepat agar produktivitas ikan bawal meningkat. PT. Natural Nusantara yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang agrokompleks berupaya membantu para peternak ikan bawal dalam usaha meningkatkan panen baik dari segi kuantitas, kualitas dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Langkah-langkah Budidaya Ikan Bawal

Persiapan Kolam

  • Kolam merupakan faktor penting dalam usaha budidaya ikan bawal. Kolam yang baik adalah kolam yang terbebas dari zat berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit pada ikan serta mampu menyediakan pakan alami bagi ikan. Berikut langkah-langkah mempersiapkan kolam untuk budidaya ikan bawal :
  • Pengeringan Kolam

Kolam perlu dikeringkan hingga bagian dasarnya. Pengeringan kolam bertujuan untuk menghilangkan ikan-ikan liar yang nantinya akan menjadi musuh bawal ketika memperebutkan makanan. Selain itu, pengeringan juga harus dilakukan untuk mengurangi asam sulfida (H2S) dan zat – zat berbahaya yang terikat oleh partikel tanah pada dasar kolam dan sebagai proses aerasi (pertukaran udara) oleh oksigen yang akan masuk pada celah-calah atau pori-pori tanah pada dasar kolam.

  • Pematang kolam perlu dilakukan pengecekan dan diperbaiki agar tidak terjadi kebocoran pada saat pemasukan air
  • Setelah kolam kering, perlu dilakukan pengapuran dengan Dolomit atau kapur Tohor untuk meningkatkan pH tanah pada kolam. Pengapuran juga bermanfaat untuk membunuh hama dan bibit penyakit yang belum mati saat proses pengeringan. Dolomit atau kapur Tohor digunakan dengan dosis 25 kg per 100m2
  • Pemupukan Awal

Kolam pembesaran ikan bawal sebenarnya tidak harus dilakukan pemupukan karena pakan ikan bawal berasal dari pakan buatan.  Namun jika ingin tetap melakukan pemupukan, gunakan pupuk kandang dengan dosis 24 – 50 kg/100m2 tanah dan TSP sebanyak 3 kg per 100 m2. Pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang yang telah benar-benar matang.

  • Setelah pemupukan kemudian proses pemasukan air. Tahap pertama masukkan air setinggi 2-3 cm dan biarkan selama 2-3 hari. Tahap kedua masukkan lagi air ke kolam sedikit demi sedikit hingga setinggi 40 – 60 cm dan terus diatur hingga kedalaman 80 – 120 cm sesuai kepadatan populasi ikan.
  • Benih ikan bawal mulai ditebar pada kolam apabila air kolam telah berwarna hijau terang atau sekitar 7-10 hari pasca pemupukan.
  • Pemupukan Susulan

Pemupukan berikutnya menggunakan pupuk organik TON yang memiliki beberapa kandungan penting untuk menumbuhkan plankton yang nantinya bermanfaat sebagai pakan alami ikan. Kandungan yang bermanfaat dalam pupuk TON diantaranya yaitu N,P,K,Mg,Ca,Cl,S dan sebagainya. Pupuk TON juga mengandung asam humat dan vulvat yang berguna untuk memperbaiki tekstur dan kesuburan tanah pada kolam. Gunakan pupuk TON dengan dosis 6 kg 1 ha atau 25 gr per 100m2. Gunakan dengan dosis tersebut pada setiap pemasukan air kolam

Pemilihan dan Penebaran Benih

Pemilih benih ikan bawal dengan kualitas yang bagus. Karena benih berkualutas bagus juga akan menghasilkan panen ikan dengan kualitas bagus, memperkecil angka ikan yang berpenyakit dan kematian ikan. Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki benih ikan bawal :

  • Pilih benih yang sehat (tidak terserang hama maupun penyakit)
  • Anggota tubuh lengkap
  • Aktif bergerak
  • Ukuran benih seragam
  • Berasal dari benih unggul

Sebelum penebaran benih,sebaiknya lakukan adaptasi benih terlebih dahulu agar benih tidak stress saat pertama masuk kolam. Cara melakukan adaptasi benih adalah ikan yang masih dalam plastik tertutup dimasukkan ke dalam kolam pembesaran dan biarkan hingga dinding plastik mengembun. Hal ini dilakukan untuk menyamakan suhu air pada plastik dan suhu air pada kolam. Kemudian plastik dibuka dan masukkan air kolam ke dalam plastik sedikit demi sedikit. Dan amati supaya benih tetap dalam kondisi yang baik, setelah itu baru benih dilepas ke kolam pembesaran secara hati-hati.

Sebenarnya ikan bawal akan tumbuh lebih baik pada kolam dengan aliran air deras dengan melalui aliran air sungai untuk ikan bawal air tawar atau dengan dialiri air pada tepian laut untuk ikan bawal laut. Namun jika tidak memungkinkan, ikan bawal tetap dapat dibudidayakan pada kolam yang airnya tenang.

APLIKASI PRODUK NASA

Ikan bawal memiliki  ketahanan hidup yang sangat baik yaitu mencapai 90% dan tetap dapat tumbuh pada kepadatan populasi yang tinggi. Selain itu, ikan bawal juga sangat mudah dalam hal pemberian pakan. Ikan bawal termasuk binatang omnivora yang mempunyai nafsu makan yang besar.

Dalam usaha budidaya ikan bawal, pakan yang berkualitas baik mutlak harus diberikan agar ikan bawal mencapai pertumbuhan yang maksimal dan dapat menuai keuntungan bagi pembudidayanya. Pakan terbaik adalah pakan yang mampu mencukupi nutrisi untuk pertumbuhannya.Karena termasuk jenis omnivora , pakan ikan bawal dapat berupa daun-daunan atau pelet buatan sendiri. Total pelet yang diberikan adalah 3-5%  dari bobot ikan tersebut (menggunakan perkiraan jumlah bobot ternak ikan).

Pakan diberikan dengan cara ditebar langsung  secara merata ke seluruh area kolam. Tambahkan produk organik NASA berupa VITERNA Plus, POC NASA dan HORMONIK yang dicampurkan ke dalam pakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ikan bawal dan meningkatkan pertumbuhan ikan dalam waktu singkat. Karena ketiga produk NASA tersebut mengandung mineral-mineral penting, protein, vitamin dan lemak yang dibutuhkan oleh ternak yang belum mampu dicukupi oleh pemberian pakan biasa.

Cara pemakaian produk NASA tersebut adalah dengan mencampurkannya menjadi satu lalu  gunakan satu tutup botol campuran tersebut untuk ditambahkan dengan sedikit air. Semprotkan ke 2,5 kg pakan secara merata lalu diamkan pakan (diangin-anginkan) agar meresap ke dapam pakan secara sempurna. Dan pakan telah siap ditebarkan ke kolam.

MANFAAT PRODUK NASA PADA BUDIDAYA IKAN BAWAL

Viterna Plus dibuat menggunakan teknologi asam amino melalui pendekatan fisiologis tubuh ikan dengan cara meneliti kebutuhan nutrisi ikan untuk pertumbuhannya.

POC NASA mengandung berbagai mineral penting sebagai penunjang pertumbuhan ikan seperti N,P,K,Mg , Ca, Fe, dan sebagainya serta kandungan protein dan lemak nabati yang sangat baik untuk meningkatkan bobot harian ikan. Selain itu, POC NASA juga bermanfaat untuk menjaga ketahan tubuh ikan agar tidak mudah terserang penyakit dan untuk menurunkan kadar kolesterol pada daging ikan. Sehingga hasil panen ikan bawal yang menggunakan POC NASA saat budidayanya akan menghasilkan ikan bawal yang menggunakan POC NASA saat budidayanya akan menghasilkan ikan bawal dengan kualitas bagus dan mendapat harga tinggi dipasaran karena rendah kolesterol

Hormonik berperan sebagai zat pengatur pertumbuhan ikan secara keseluruhan. Ikan bawal terkenal baik dalam mencerna makanan. Selain pakan alami, pakan buatan yang rendah protein dengan harga yang sangat murah juga dapat diberikan. Perbandingan penggunaan pakan dari awal hingga panen adalah sebanyak 1 kg pakan yang digunakan mampu menghasilkan ikan bawal sekitar 0,7 – 0,8 kg.

Kemudian gunakan pupuk TON  untuk menjaga kualitas air kolam agar tetap baik. Gunakan sesuai dosis yang telah diuraikan diatas. Seluruh produk NASA untuk kolam dan tambak perikanan ini mengandung asam organik dan unsur mineral yang penting untuk menetralkan zat berbahaya pada kolam hasil dari pembusukan kotoran yang megendap pada dasar kolam. Selain itu kandungan mineralnya juga bermanfaat untuk menyuburkan plankton sebagai pakan alami ikan.

Ikan bawal dapat dipanen setelah 4-6 bulan pemeliharaan atau ketika ikan telah mencapai bobot 500 gr per ekor. Alat yang biasanya digunakan untuk memanen ikan bawal adalah waring bermata lebar. Sebelum panen dilakukan, yang perlu dipersiapkan adalah tempat penampungan ikan yang berukuran besar dan diletakkan pada perairan yang airnya terus mengalir. Hal ini untuk mencegah kerusakan ikan dan kematian ikan sebelum ikan diangkut untuk didistribusikan.

PENYAKIT IKAN BAWAL

  • Parasit / Virus

Penyakit bintik putih (white spot) umunya disebabkan oleh virus yang dapat pada musim hujan. Untuk penanganan, berikan garam pada air kolam. Penyakit bintik juga  bisa disebabkan oleh suhu kolam yang terlalu dingin. Jika penyakit bintik putih disebabkan oleh suhu kolam yang terlalu dingin  dibawah 29°C , turunkan kedalaman air kolam kemudian air kolam diberi formalin 25 ppm.

  • Bakteri

Jenis bakteri yang umumnya menyebabkan penyakit pada ikan bawal yaitu Streptococus sp. Dan Kurthia sp. Penanggulangan yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan antibiotik  tetrasiklin dengan 10 ppm.

  • Kapang/ Jamur

Penyakit jamur biasanya muncul karena adanya luka pada tubuh ikan dari penanganan yang kurang hati-hati. Pengobatan dapat menggunakan Kalium Permaganat (KP) dengan dosis sekitar 2-3 ppm.

 

Bagikan informasi tentang Budidaya Ikan Bawal dengan Produk NASA kepada teman atau kerabat Anda.

Budidaya Ikan Bawal dengan Produk NASA | Grosir Nasa Online

Belum ada komentar untuk Budidaya Ikan Bawal dengan Produk NASA

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 28%
Rp 65.000 Rp 90.000
Ready Stock
Popular!
Rp 40.000
Ready Stock / A810
Popular!
Rp 65.000
Ready Stock / HROMAN
SIDEBAR